Big Data dan Komputasi Cloud

neuCentrIX - 12/10/2022 10:00

Anda yang terlibat pada pengembangan aplikasi cloud pasti sudah tidak asing dengan hubungan big data dan komputasi cloud. Kedua hal ini bekerja bersama untuk melakukan analisa pada layanan cloud publik. Big data dan komputasi cloud dianggap praktik terbaik bagi penyimpanan data dalam jumlah besar dan infrastruktur cloud.

Oleh karena itu, big data dan komputasi cloud sangat penting bagi Software as a Service (SaaS) dan Infrastructure as a Service (IaaS). Pada artikel kali ini, akan menjelaskan tentang perbedaan big data dan komputasi cloud, serta hubungan antara kedua istilah tersebut. Selain itu, akan dijelaskan pula keuntungan dan kerugian big data pada cloud.

Perbedaan antara Big Data dan Komputasi Cloud
Meskipun kedua hal ini berinteraksi secara sinergis, namun tetap berbeda. Oleh karena itu, akan dijelaskan satu per-satu agar lebih mengerti perbedaannya dan bagaimana hubungan antar keduanya.

  • Big Data – Kumpulan data mulai dari yang tidak terstruktur, terstruktur, atau semi terstruktur dalam jumlah besar. Kumpulan data ini terlalu besar untuk dipertanyakan atau dibaca dengan teliti oleh komputer. Big data juga berbicara tentang analitik yang dihasilkan dari sensor IoT, input pengguna, dan data penjualan.
  • Komputasi Cloud – Pemrosesan segala hal merujuk sebagai komputasi cloud. Termasuk pemrosesan analitik big data pada cloud, berisi server berkekuatan tinggi yang meminta kumpulan data yang sangat besar.

Pada dasarnya, big data adalah kumpulan data yang terkumpul, sementara komputasi cloud adalah mekanisme untuk melakukan operasi tertentu pada data tersebut.

Hubungan antara Big Data dan Komputasi Cloud
Big data dan komputasi cloud berjalan beriringan terkait penyimpanan, aksesibilitas dan keamanan. Dikarenakan infrastruktur fisik tidak memadai untuk menyimpan data dalam jumlah besar, komputasi cloud dikirimkan untuk menyediakan unit yang aman, andal dan terukur untuk menyimpan big data. Ditambah lagi, layanan cloud seperti IaaS, SaaS dan PaaS memungkinkan akses ke big data.

Hubungan baik lainnya antara dua istilah ini adalah tentang keamanan data. Mengamankan penyimpanan data merupakan sebuah masalah pada dunia teknologi saat ini, dan komputasi cloud menawarkan berbagai tingkatan keamanan terjamin. 

Pro dan Kontra Big Data di Cloud
Komputasi cloud memiliki beberapa manfaat untuk semua bisnis. Berikut beberapa manfaat yang paling penting dari big data pada cloud :
Pro

  • Aksesibilitas – Sebagai jejak global, cloud memungkinkan layanan dan sumber daya untuk disebar ke banyak wilayah di seluruh dunia. Hasilnya, pemrosesan aktivitas dan data bisa berlokasi dimana saja tugas big data berada.
  • Skalabilitas – Membangun infrastruktur big data menyediakan ruang fisik yang tak terbatas, anggaran untuk pembelian dan juga daya. Tak seperti data center biasa Anda yang membatasi bisnis, Anda bisa memanfaatkan volume besar yang ditawarkan oleh big data. Selain itu, cloud bisa mengelola ribuan server dalam sekelompok data center global.
  • Biaya – Data center bisnis Anda bisa mengonsumsi banyak uang, membayar perawatan rutin, berbagai aktivitas, energi dan tagihan lainnya. Pada sisi lain, cloud mencakup semua biaya tersebut melalui mode bayar sesuai penggunaan. Hanya layanan dan sumber daya sesuai permintan yang tersedia.
  • Ketangguhan – Ketika membicarakan penyimpanan data, cloud menjamin ketangguhan. Menduplikasi data untuk memastikan sumber penyimpanan yang sangat tersedia dan tahan lama.

Meskipun memiliki banyak manfaat yang sangat baik, namun penting juga untuk memperhatikan potensi bahayanya. Berikut merupakan kerugian utama dari penggunaan big data pada cloud :

Kontra

  • Biaya penyimpanan – Jika perusahaan Anda memiliki proyek big data dan Anda ingin menyimpan data di cloud, Anda mungkin dikenakan biaya jangka panjang. Ada biaya yang dibayar tiap bulan, dan ketika Anda memindahkan data lagi, terdapat biaya tambahan lainnya. Namun, Anda bisa menghindari biaya yang tidak diperlukan dengan menerapkan kebijakan penghapusan.
  • Ketergantungan jaringan – Kerugian lain dari big data di cloud adalah kebutuhan untuk konektivitas jaringan dari Local Area Network (LAN) untuk jaringan penyedia cloud Anda. Ketika Anda mengalami cloud yang tak dapat diakses atau meningkatnya latensi, big data tak akan terpengaruh. Akan tetapi, pemadaman seperti itu harus dipertimbangkan saat menggunakan big data di cloud.

Baik komputasi cloud atau big data banyak berkontribusi pada dunia digital. Kedua teknologi tersebut memberikan manfaat kepada orang-orang yang ingin bisnis mereka sukses dengan sumber daya terbatas. Kolaborasi antara keduanya bisa membawa beberapa manfaat bagi bisnis Anda. Hubungi kami di WhatsApp +62 811-3900-2626 untuk mempelajari lebih lanjut.