Lanskap Data Center yang Berubah

neuCentrIX - 21/10/2022 10:00

Beberapa tahun terakhir, dunia telah mempelajari pentingnya konektivitas efisien untuk kehidupan sehari-hari. Hasilnya, data center, penyedia kolokasi, dan fasilitas hyperscale atau skala besar terbukti jauh lebih kritis daripada yang diantisipasi banyak orang.

Melalui peningkatan pada data serta semakin banyak data center yang bermunculan setiap harinya, maka para penyedia layanan membutuhkan ekosistem dalam skala yang lebih besar. Penelitian tahun 2016 menunjukkan, dengan memindahkan 80% server data center ke fasilitas hyperscale akan mengurangi 25% penggunaan energi.

Pada artikel kali ini, akan menjelaskan lebih lanjut mengenai pro dan kontra data kolokasi dan data center hyperscale, serta bagaimana neuCentrIX menjadi penyedia layanan terdepan.

Pro dan Kontra Menggunakan Cloud, Data Center dan Hyperscale
Teknologi komputasi cloud dan data center hyperscale berguna untuk menangani masalah data center tradisional. Teknologi tersebut menawarkan penyimpanan data, manajemen dan transmisi yang lebih kokoh, terukur, serta lebih baik. Hasilnya, banyak perusahaan dan lembaga seperti universitas, sekarang beralih untuk memiliki server mereka di infrastruktur hyperscale daripada memiliki data center kecil.

Meskipun hal ini lebih baik untuk membuat data center lebih efisien, teknologi tersebut disertai dengan kekurangan juga. Berikut penjelasan beberapa pro dan kontra terhadap penggunaan cloud dan data center hyperscale.

Pro
Ekonomis: Bergantung pada data center hyperscale bisa lebih ekonomis daripada data center di tempat. Sebagian besar layanannya disertai dengan paket yang mana Anda tidak perlu membayar lebih untuk pemeliharaan server, dukungan dan redundansi.

● Keamanan yang Lebih Baik: Data center hyperscale telah memajukan keamanan dan perlindungan data. Staf keamanan juga akan ditugaskan untuk melindungi tempat dari akses yang tidak diizinkan.

● Mendorong Konektivitas: Banyak data center hyperscale dan kolokasi yang  carrier-neutral. Hal ini berarti mencakup beragam pelanggan dari penyedia layanan yang berbeda. Melalui banyaknya pilihan, Anda bisa mendapatkan konektivitas berkecepatan tinggi daripada menggunakan data center Anda sendiri.

● Lebih Terukur: Melalui data center hyperscale, lebih mudah melakukan peningkatan tanpa pengeluaran tambahan. Anda hanya perlu mendaftar untuk paket yang lebih besar, lalu infrastruktur TI Anda akan meningkat tanpa membeli peralatan lagi.

Kontra
● Kontrol Berkurang: Jika server jauh dari lokasi Anda, maka bisa menjadi lebih sulit untuk mengontrol operasionalnya. Hal ini akan menjadi hambatan untuk melakukan pemeliharaan dan penyelesaian masalah jika ada kesulitan.
Biaya di awal yang lebih mahal: Pemasangan data center hyperscale lebih mahal di awal karena membutuhkan biaya lisensi dan pengeluaran lainnya.

Menemukan Solusi Cloud dan Data Center dengan neuCentrIX and HDC
neuCentrIX menawarkan solusi cloud dan data center terbaik dengan banyak keuntungan. Teknologi tersebut menyediakan paket yang terdiri dari layanan kolokasi TI dan Carrier Provider Packages. Mendaftar di layanan tersebut memberi Anda akses ke spesifikasi data center standar, dukungan sistem, layanan penyedia khusus dan lainnya.

Teknologi tersebut memiliki sistem pendingin canggih, UPS dan pengaturan generator untuk menjaga mesin tetap berjalan setiap saat. Anda juga mendapatkan konektivitas kelas atas ditambah dengan koneksi silang dan operasi publik IP. Silahkan kunjungi halaman layanan neuCentrIX untuk mempelajari lebih lanjut mengenai solusi data center yang luar biasa.