Tingkat Keamanan Data Center

neuCentrIX - 04/11/2022 10:00

Data center telah menjadi inti internet pada semua lini. Walaupun data center belum terkenal di masa lalu, namun sejak pandemi dan faktor lainnya memicu peningkatan data center di seluruh dunia. Sebagian perusahaan sekarang lebih memilih berlangganan layanan data center daripada memiliki data center kecil, yang membutuhkan perawatan ekstra dan peralatan mahal.

Ketergantungan semacam ini membuat data center perlu menerapkan banyak langkah keamanan. Hal ini bertujuan untuk memastikan data klien aman dan tidak ada pelanggaran informasi pribadi. Data center harus menerapkan tingkat keamanan yang intens guna mendapatkan jaringan yang aman. Baca lebih lanjut untuk mengetahui lebih banyak tentang daftar pemeriksaan keamanan dan tingkat keamanan data center.

Apa itu Daftar Pemeriksaan Keamanan Data Center?
Data center merupakan target serangan siber. Semakin banyak data yang disimpan pada data center, semakin menarik bagi para peretas. Untuk itu, data center perlu dilindungi dari serangan tersebut dengan mengikuti serangkaian pemeriksaan keamanan.

Salah satu langkah keamanan paling efektif adalah firewall yang melindungi jaringan Anda dari ancaman luar seperti virus dan malware. Firewall adalah perangkat lunak yang akan menghalangi koneksi yang masuk dari internet, dan secara default, firewall tak membiarkan adanya koneksi keluar. Hal ini akan melindungi server Anda terhadap akses yang tidak diinginkan dari dunia luar, seperti upaya peretasan dan lalu lintas jaringan yang tak diinginkan, seperti spam dan virus yang berusaha memasuki jaringan Anda melalui berbagai saluran.

Anda juga harus memastikan bahwa Anda sudah memasang perangkat lunak antivirus pada semua komputer dan server, juga pada perangkat seluler yang terhubung padanya. Hal ini dapat melindungi jaringan Anda dari perangkat lunak yang tak diinginkan seperti spyware, adware dan virus. Anda juga bisa menggunakan solusi berbasis host yang akan melindungi data center melalui penggunaan perangkat lunak maupun perangkat keras yang dapat  menyaringnya.

Daftar pemeriksaan lainnya meliputi :
● Membatasi akses
● Mengamankan data
● Keamanan jaringan
● Keamanan server

Tingkat Keamanan Data Center
Data center memiliki beberapa tingkat keamanan untuk kumpulan data yang berbeda ketika mengimplementasikan langkah keamanannya. Tingkatan ini terdiri dari fisik, lingkungan dan komponen teknis penting bagi data center. Dibagi menjadi empat tingkat, disebut tingkat 1, tingkat 2, tingkat 3 dan tingkat 4, berikut penjelasannya :

Tingkat 1: Infrastruktur Web Dasar
Tingkat keamanan ini dimaksudkan untuk menawarkan perlindungan hanya untuk fisik. Disertai dengan satu komponen kapasitas dan jaringan pasokan yang non-redundant.

Tingkat 2: Infrastruktur Situs dengan Kapasitas Redundan
Tingkat ini adalah tingkat kedua keamanan data center yang disertai dengan mekanisme perlindungan data yang lebih baik. Menyediakan keamanan kelas atas terhadap ancaman fisik. Selain memiliki jaringan distribusi non-redundant tingkat 1, keamanan tingkat ini juga disertai dengan infrastruktur kapasitas redundan untuk keamanan yang ditingkatkan.

Tingkat 3: Pemeliharaan Infrastruktur Situs Secara Simultan
Hampir semua ancaman fisik dilindungi di keamanan tingkat ini. Peralatan dengan kemampuan redundan dan beberapa saluran distribusi independen ada di dalamnya. Semua elemen dapat dihapus atau diubah tanpa mengganggu operasi end-user.

Tingkat 4: Infrastruktur untuk Situs yang Toleran Terhadap Kegagalan
Keamanan tingkat ini menawarkan tingkat tertinggi toleransi kegagalan dan ketahanan. Terdiri dari komponen kapasitas redundan dan banyak jalur transmisi terpisah yang memungkinkan pemeliharaan bersama. Satu kekurangan pada pemasangannya tak akan menyebabkan waktu henti.


Keamanan data adalah aspek yang sangat penting bagi data center. Hal ini berarti data center harus memiliki pedoman ketat yang melindungi info pengguna dan data klien. neuCentrIX adalah data center terkemuka di Indonesia yang menawarkan layanan terbaik. neuCentrIX memiliki langkah keamanan berlapis dan beberapa tindakan yang memastikan data Anda aman serta terlindungi dengan baik. Hubungi kami melalui WhatsApp di +62 811-3900-2626 untuk mendapatkan layanannya sekarang!