Kiat-kiat Memasang Rak Server

neuCentrIX - 02/12/2022 10:00

Terjadi peningkatan pada penggunaan rak server setiap hari. Hal itu terjadi karena penggunaan data center juga semakin meningkat.

Memasang peralatannya tidaklah sulit. Namun, perencanaan yang layak sangat penting guna menghindari kesalahan dan kerugian di masa mendatang.

Untuk itu, pada artikel kali ini akan dijelaskan mengenai rak server secara rinci serta cara memasangnya. Selain itu, Anda juga akan mengetahui kiat-kiat yang perlu dipertimbangkan saat menempatkan rak server pada bisnis.

Apa itu Rak Server?
Rak server adalah barang yang berfungsi untuk menyimpan perangkat khusus. Dengan susunan yang sangat baik, Anda bisa membuat ruang yang luas untuk meletakkan banyak perangkat di ruangan tersebut.

Anda akan memahami aspek ini apalagi jika Anda memiliki peralatan seperti router, server, atau sakelar. Sekarang sebagian besar orang menggunakan rak server karena meningkatnya kegunaan data center.

Terdapat tiga jenis rak, yaitu rak dengan bingkai terbuka, rak dengan penutup dan rak dinding. Tiap jenis memiliki fungsi yang berbeda, tergantung sifatnya. Ingat, bisnis Anda bisa menikmati manfaat utama rak server jika dipasang dengan baik.

Apa itu Instalasi Rak Server?
Mudah untuk memasang rak server di tempat kerja Anda. Anda hanya perlu hati-hati di setiap langkah pemasangannya.

Prosesnya memerlukan penempatan rak dengan benar di ruang TI Anda. Server dan kabel akan aman jika menggunakan bingkai dan rel yang tepat. Jika Anda tidak yakin akan prosesnya, harap hubungi seorang spesialis untuk menanganinya.

Bagaimana lokasi, jenis rak, dan faktor lainnya mempengaruhi fase pertimbangan bisnis?
Memutuskan untuk memasang server merupakan pilihan yang sangat baik. departemen TI Anda akan terlihat baru dan rapi. Namun, sebelum memasang item-itemnya, pertimbangkan aspek-aspek berikut agar lebih baik.


1.    Lokasi Server
Sebelum memasang rak server, Anda harus memiliki cukup ruang. Peralatan tersebut akan menopang perangkat berharga bisnis Anda.

Jika Anda sedang membangun perusahaan, letakkan server di tengah bangunan. Hal itu dilakukan guna melindungi server dari cahaya yang berasal dari jendela. Harus diingat bahwa terlalu banyak cahaya bisa merusak server Anda.

Selain itu, lokasinya harus jauh dari para pegawai karena server menimbulkan banyak panas yang tidak baik bagi orang-orang di sekitarnya. Terkadang, orang-orang menimbulkan kecelakaan saat mereka dekat dengan server. Maka dari itu, baik orang maupun server, keduanya harus aman.

2.    Jenis Rak Server
Pilih rak yang cocok dengan ukuran dan kebutuhan server Anda. Rak server yang sesuai akan melindungi perangkat Anda. Dan juga, hal tersebut menyediakan ruang yang cukup untuk router, saklar, kabel dan peralatan lainnya.

Pastikan Anda meluangkan waktu ketika memilih rak terbaik. Hal itu akan mencegah kerugian dan penyesalan di masa mendatang.

Setelah itu, pilih rel dan rak yang pas dengan peralatan Anda. Terkadang jika tak yakin, Anda bisa menggunakan jasa spesialis untuk memilih item yang tepat. Ingat, dudukan yang pas menjaga server lebih stabil dan aman.

Terdapat berbagai macam jenis rak, untuk itu pilih yang sesuai dengan anggaran Anda. Namun, berinvestasi pada rak server kelas atas guna menjaga keamanan peralatan Anda itu sebenarnya sangat baik. Lebih baik lagi jika Anda bisa mendapatkan barang terjangkau yang sesuai dengan anggaran belanja.

3.    Power Distribution Unit (PDU)
Server memerlukan sumber daya listrik yang aman dan layak agar bisa berjalan dengan baik. Pastikan Anda menggunakan PDU yang stabil pada rak server.

Pilihlah PDU yang sesuai dengan kebutuhan daya server. Anda bisa menyediakan hal-hal penting untuk perangkat guna mencegah terjadinya lonjakan daya. Harap berikan izin kepada pemasok daya untuk membuat rekomendasi khusus untuk rak server Anda.


4.    Beri Label dan Atur Kabel Anda
Labeli kabel setelah menempatkan server Anda ke rak baru. Lakukan hal tersebut bahkan untuk jalur baru yang akan Anda tambahkan nantinya.

Melalui pelabelan kabel, Anda bisa tercegah dari hal seperti menghubungkan ke server yang tidak benar. Selain itu, jika terjadi kegagalan, akan mudah mengenali dan memperbaiki masalahnya. Jadi, Anda bisa menghemat waktu dan sumber daya saat memperbaiki kerusakan.

Selain melabelinya, pastikan kabel berada pada urutan yang benar. Gunakan palang pengelolaan kabel yang vertikal dan horizontal. Alat tersebut membuat rak lebih rapi dan mengurangi resiko kerusakan peralatan.

5.    Pertimbangkan Masa Depan
Harap fokus pada ekspansi di masa mendatang selagi Anda mengatur server dan kabelnya. Periksa jika Anda ingin perusahaan atau bisnis memiliki lebih banyak server.

Ingat, teknologi terus berkembang setiap hari. Teknologi bisa mencegah semakin banyaknya pengeluaran untuk memperluas ruang guna menempatkan server baru. Jadi, Anda perlu berinvestasi pada lebih banyak materi agar server berjalan dengan baik.

Perencanaan merupakan hal penting ketika membicarakan tentang instalasi rak server untuk bisnis Anda. Ingat, rak server membantu menempatkan perangkat jaringan Anda di tempat yang layak. Anda juga bisa mengamankan peralatan lainnya seperti server, router, kabel melalui tribun. Jika Anda ragu mengenai pemasangan rak yang layak, harap hubungi seorang profesional di bidangnya.

Jika Anda berencana memasang rak server, silahkan kunjungi paket neuCentrIX kami. Anda akan mendapatkan paket data center untuk ruang TI dan paket penyedia operator untuk ruang masuk jaringan.