3 Keuntungan Bisnis yang Anda Dapatkan Sebagai Anggota NCIX

neuCentrIX - 16/12/2021 18:25

Apakah menurut Anda konektivitas yang kuat adalah kunci untuk meningkatkan kualitas layanan dan menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik? Jika jawabannya ya, tampaknya Anda perlu mempertimbangkan untuk menjadi anggota Internet Exchange. Anda dapat bergabung dengan NCIX, penyedia Internet Exchange andal dari Telkom Indonesia.

NCIX (AS 137019) adalah fasilitas khusus yang disediakan oleh neuCentrIX untuk dapat menghubungkan dan memungkinkan pertukaran lalu lintas di antara anggota IX atau penyedia IX lainnya secara langsung. Saat ini, NCIX tersedia di enam lokasi strategis nasional, yaitu neuCentrIX Medan Centrum, Jakarta Karet, Bandung Lembong, Yogyakarta Kotabaru, Surabaya Gubeng, dan Denpasar Kaliasem, untuk memudahkan bisnis menjangkau pelanggan lokal. Dengan begitu, di mana pun pelanggan Anda berada, NCIX dapat membantu Anda memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik bagi mereka.

Sejak diluncurkan, NCIX telah menarik berbagai pelaku digital di Indonesia, seperti penyedia layanan internet, penyedia jaringan, dan penyedia konten, untuk menjadi anggotanya. Bergabung dengan NCIX membuat mereka memperoleh kesempatan untuk terhubung satu sama lain melalui dua cara, yaitu peering multilateral (lalu lintas dipertukarkan antara beberapa anggota) dan peering bilateral (lalu lintas dipertukarkan secara pribadi antara beberapa anggota).

Bagaimana bergabung dengan NCIX dapat menguntungkan bisnis Anda?

Melalui direct peering, anggota NCIX akan mendapatkan berbagai keuntungan. Jika Anda bergabung, Anda tentu juga bisa mendapatkan manfaat-manfaat seperti berikut ini.

1. Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik
Bergabung dengan NCIX memungkinkan Anda untuk dapat melakukan peering dan langsung bertukar lalu lintas dengan jaringan lain yang terdaftar sebagai anggota, terutama ISP dan penyedia operator. Cara ini dapat menciptakan jalur yang lebih pendek dan langsung sehingga memudahkan data untuk berpindah di antara jaringan Anda dan mitra peering Anda. Hal tersebut memungkinkan Anda untuk mengurangi latensi, meningkatkan waktu perpindahan data, dan membuat koneksi yang stabil, sehingga menjamin waktu muat halaman dan pengiriman konten yang lebih cepat tanpa gangguan yang berarti untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara signifikan.

2. Efisiensi biaya
Bergabung dengan NCIX juga memungkinkan Anda mengurangi biaya operasional. Tanpa NCIX, koneksi Anda ke ISP dan upstream ISP akan dikenakan biaya berdasarkan data yang ditransfer. Hal ini bisa memakan biaya yang tidak sedikit. Dengan NCIX, koneksi Anda menjadi lebih terjangkau karena lalu lintas dilokalkan dan biaya pemeliharaan akan dibagi dengan anggota yang lain. Terlebih, NCIX selalu menawarkan berbagai promosi dan keanggotaan sehingga Anda bisa mendapatkan diskon atau bandwidth gratis.

3. Akses ke kapasitas Telkom Indonesia
Sebagai anggota NCIX, Anda akan memiliki akses langsung terhadap kapasitas dan kapabilitas Telkom Indonesia. Anda akan terkoneksi dengan 70% pengguna internet di Indonesia. Selain itu, sebagai salah satu BUMN, Telkom Indonesia bersifat netral dan inklusif. Inilah sebabnya, di NCIX, tidak hanya perusahaan yang sudah mapan yang dapat difasilitasi, perusahaan yang lebih kecil dan bahkan kompetitor pun akan diberi kesempatan yang sama. Oleh karena itu, dengan bergabung bersama NCIX, setiap bisnis memiliki peluang yang sama untuk berkembang.

Jadi, apakah Anda sudah mempertimbangkan untuk menjadi anggota NCIX dan siap untuk mendapatkan keuntungan di atas? Untuk bergabung, Anda hanya perlu menghubungi neucentrix@telkom.co.id dan mendaftarkan diri sebagai anggota. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk menandatangani Multilateral Peering Agreement (MLPA) dan memenuhi beberapa persyaratan teknis untuk dapat melakukan peering dengan anggota NCIX lainnya. Setelah menjadi anggota, Anda akan dikenakan biaya bulanan berdasarkan tingkat keanggotaan Anda dan jenis port yang Anda pilih. Setelah menyelesaikan langkah-langkah tersebut, Anda akan menjadi anggota resmi NCIX (AS 137019). Mudah, bukan? Hubungi kami segera dan bergabunglah dengan NCIX sekarang juga!