Peran CDN dalam Membantu Kesuksesan OTT

neuCentrIX - 08/06/2022 10:00

Banyak pengguna yang tidak menyukai streaming atau mengunggah konten di OTT yang lambat. Kecepatan merupakan aspek krusial yang mempengaruhi pengalaman pelanggan di platform ini.

Dengan teknologi yang terus berkembang, permintaan CDN di industri OTT terus meningkat. CDN membantu Anda agar tidak bergantung dengan satu server yang mempengaruhi kualitas OTT Anda. Kami akan fokus pada makna OTT, CDN dan bagaimana CDN dapat membantu banyak platform.

Apa itu OTT dan CDN?
Over-the-Top (OTT) merupakan layanan media yang menyediakan film dan tayangan televisi melalui internet. Contohnya Hulu, Netflix dan Amazing Prime. Platform tersebut memiliki aplikasi dan situs dimana pengguna bisa mengakses konten setelah berlangganan.

Content Delivery Network (CDN) memerlukan banyak server proxy di berbagai macam data center di lokasi yang berbeda-beda. Anda bisa menggunakan CDN untuk menyimpan info seperti video dan keterangannya untuk platform OTT Anda. CDN juga disertai banyak manfaat istimewa lain untuk platform OTT.

Bagaimana CDN Membantu Platform OTT
Berinvestasi CDN di platform OTT akan sangat bernilai. Berikut merupakan keuntungan fantastis yang OTT dapatkan dari CDN.

1. Bekerja Sebagai Konten Cache
Mengharapkan platform OTT Anda berjalan dengan baik karena CDN bekerja sebagai tempat cache yang fantastis. Sebagai komponen CDN, caching akan menyimpan data website Anda sementara waktu.

CDN akan menyimpan halaman web platform OTT Anda, video, artikel, komponen pengguna dan riwayat penayangan masa lalu pengguna Anda di situs.

Ingatlah, data yang dicache memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi situs Anda dengan cepat. Kebutuhan halaman Anda untuk memuat ulang tidak akan dibutuhkan lagi karena data yang dicache CDN akan tersedia.

2. Lokasi Server
Sekarang, server CDN membuat platform OTT Anda jadi lebih kuat daripada menggunakan sistem hosting situs tradisional. Beberapa server ini membuat platform Anda tampil dengan baik tak peduli dimana lokasi geografis pelanggan.

3. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan
Para pengguna di setiap platform akan menikmati loading konten situs yang cepat dan lancar. Setiap layanan streaming OTT dengan CDN memiliki kecepatan yang baik.

CDN memberikan pelanggan Anda pengalaman pengguna yang lebih baik dibandingkan server tradisional. Para penonton menjadi tidak sabar dikarenakan platform OTT yang loading dan bufferingnya lebih lama.

Selama internet stabil tersedia, data dari server akan bergerak cepat. Jadi, OTT Anda akan berfungsi dengan baik bahkan ketika ada lalu lintas internet yang tak terduga dari banyaknya pengguna.

4. Waktu Aktif yang Tinggi
Platform OTT dengan waktu upload 100% cocok dengan para konten kreator. Ingat, 95% dari pengguna media sosial di Indonesia terikat dengan pembuatan tren dan konten yang menarik. Hal itu menunjukkan bahwa OTT online manapun harus memiliki kecepatan upload yang tinggi.

Menggunakan server CDN akan memberikan platform Anda hampir 100% waktu aktif untuk video. Pengguna tidak harus bergantung dengan satu server di tiap lokasi untuk mengunggah video mereka.

5. Keamanan yang Meningkat
OTT Anda akan aman dari serangan siber karena CDN. Server akan menghadapi ancaman tertinggi ketika platform OTT Anda diserang. Jika Anda memiliki banyak server CDN, maka resiko serangan DDoS akan lebih sedikit.

Banyak pengguna OTT seperti yang ada pada Netflix dan Hulu, suka menonton konten dengan loading yang cepat dan berkualitas tinggi. Dapatkan performa dan lalu lintas yang tinggi ketika Anda memperkenalkan CDN untuk platform OTT Anda. Dan juga, data pengguna akan aman karena platform akan menjaganya. Jika Anda masih menggunakan server tradisional pada OTT Anda, waktunya untuk beralih ke dunia CDN.