Industrial Cloud Computing

neuCentrIX - 17/08/2022 10:00

Industrial Cloud Computing adalah gagasan yang luas berhubungan dengan penggunaan teknologi berbasis cloud di sektor mesin-berat. Beberapa industri yang memanfaatkan teknologi komputasi cloud termasuk manufaktur, pertambangan dan sektor aset-padat. Gagasan tersebut berkontribusi ke infrastruktur dengan berpindah dan menyimpan data untuk aplikasi dan perangkat lunak. Juga mengirim dan mengumpulkan data lewat komputer dan perangkat genggam.

Terlebih lagi, platform Industrial Cloud Computing memungkinkan perusahaan untuk berfokus pada kemampuan operasional dan fungsionalnya. Juga membantu sekumpulan data dari proses produksi untuk meningkatkan performa, mendapatkan wawasan dan perkiraan kemacetan.

Berikut kami beritahu Anda lebih lanjut tentang Industrial Cloud Computing, manfaatnya dan model layanan.

Manfaat Komputasi Cloud dalam Pengaturan Industri

Pengaturan industri terdiri dari banyak teknologi – dan komputasi cloud membawa pengalaman yang lebih baik ke seluruh industri. Berikut beberapa manfaat dari komputasi cloud untuk pengaturan industri.

1. Meningkatkan perkembangan produk

Mengembangkan suatu produk disertai dengan banyak kesulitan dan kerumitan di industri seperti manufaktur. Tantangannya menjadi lebih besar ketika membuat produk yang lebih besar. Beberapa wilayah dimana kebanyakan orang mengalami tantangan, termasuk merancang, percobaan produk dan implementasi.

Dengan komputasi cloud, perusahaan memiliki sumber yang cukup untuk menyelesaikan tugas yang rumit ini. Contohnya, perusahaan manufaktur menggunakan komputasi cloud untuk mendapatkan desain produk terbaik. Menggunakan cloud memungkinkan perusahaan ini agar memiliki kerangka untuk mengembangkan produknya dan menjalankan analisis elemen maupun perangkat lunak.

2. Memungkinkan kolaborasi

Pada awalnya, sebagian besar perusahaan manufaktur bergantung pada pemasok pihak ketiga untuk mengembangkan bagian kecil dari produknya, yang disatukan untuk membuatnya menjadi produk yang lebih besar. Ini berarti bahwa produsen harus tetap terhubung dan bekerja sama melalui proses produksi. Komputasi cloud melengkapi produsen dengan alat kolaboratif kelas atas untuk memungkinkan ekosistem produksinya.

Produsen bisa mensimulasikan arsitektur rekayasa produk menggunakan perangkat lunak Building Information Modeling agar mendapatkan desain produk yang diinginkan. Komputasi cloud juga memungkinkan produsen untuk berkolaborasi dan bekerja dari jarak jauh melalui perangkat yang dikonfigurasi berbasis cloud. Hal ini mendorong kontribusi kontribusi stakeholder secara real-time.

3. Mendorong prosedur perencanaan lanjutan

Di setiap konteks industri, perencanaan dan penjadwalan merupakan faktor yang sangat penting. Platform komputasi cloud cocok untuk menyimpan data industri masa lalu, daftar produk dan permintaan data. Juga berfungsi sebagai pondasi untuk perencanaan canggih dan penjadwalan program, yang bisa digunakan data yang diperoleh untuk membuat jadwal produksi.

Jadwal yang disesuaikan tersebut menjamin downtime dan implikasi negatifnya bisa berkurang secara signifikan ketika mengurangi pemborosan sumber daya. Jadwal yang baik menghasilkan strategi berbasis data untuk menangani permintaan klien, yang meningkatkan kepuasan pelanggan. Cloud juga mendukung sistem simulasi dan kembaran digital ­ – dua-duanya dimanfaatkan agar perencanaan dan penjadwalan prosedur menjadi lebih baik.

Model Layanan Industrial Cloud Computing 

Komputasi cloud memiliki tiga model layanan utama. Antara lain; Platform as a Service (PaaS), Software as a Service (SaaS), dan Infrastructure as a Service (IaaS)

  • Platform as a Service (PaaS): Merupakan model dimana Cloud Service Provider (CSP) mengelola semua komponen lapisan platform arsitektur cloud.
  • Software as a Service (SaaS): Pada model ini, CSP merupakan tuan rumah dan mengelola  aplikasi perangkat lunak, virtualisasi, platform sumber daya dan infrastruktur perangkat lunak.
  • Infrastructure as a Service (IaaS): Model ini dimana CSP hanya mengelola perangkat keras dan lapisan virtualisasi perangkat lunak.

Komputasi cloud adalah teknologi penting yang sangat diperlukan di sektor manapun. Sektor industri mendapat manfaat dari desain produknya yang kuat, perencanaan lanjutan dan kemampuan kolaboratif.