Komputasi Cloud di Manajemen Rantai Persediaan

neuCentrIX - 14/10/2022 10:00

Setiap perusahaan akan selalu mencari cara untuk meningkatkan performa, guna mendapatkan keuntungan dan dapat bersaing dengan kompetitornya. Teknologi adalah cara yang menjanjikan yang dapat dilakukan untuk mencapainya. Teknologi meningkatkan operasional serta bisa memangkas biaya. Ketika teknologi seperti komputasi cloud masih baru dalam industri rantai persediaan (supply chain), para pengelola perlahan menyadari pentingnya teknologi tersebut karena banyaknya keuntungan yang didapat.

Manajemen rantai persediaan dengan bantuan komputasi cloud membawa komunikasi efektif serta keputusan yang cepat. Ditambah lagi, Anda bisa dengan mudah melacak suatu produk dan siklus hidupnya. Pada artikel kali ini, akan membahas tentang bagaimana komputasi cloud bekerja dalam rantai persediaan, implementasinya, serta keuntungan yang didapat rantai persediaan dari penggunaan teknologi cloud.

Cara Komputasi Cloud Bekerja di Dalam Rantai Persediaan

Komputasi cloud berfokus pada aktivitas spesifik di rantai persediaan. Beberapa aktivitas ini termasuk logistik, sumber dan pengadaan, perkiraan dan perencanaan, layanan dan manajemen suku cadang. Melalui bantuan komputasi cloud, para pengelola rantai persediaan telah meningkatkan operasionalnya dengan sangat baik. Berikut penjelasan implementasi komputasi cloud pada aktivitas rantai persediaan secara terperinci :

● Logistik – Logistik yang buruk merupakan kegagalan terbesar bagi rantai persediaan. Untuk itu, komputasi cloud adalah solusinya. Komputasi cloud membantu mengotomatisasi manajemen inventaris, melacak operasi dan mengoptimalkan jalur transportasinya.

● Sumber dan pengadaan – Melalui platform cloud, Anda bisa secara otomatis memesan salah satu pemasok terbaik. Hal ini memungkinkan karena cloud menguasai database yang berisi informasi semua pemasok yang ada.

● Perkiraan dan perencanaan – Hal ini salah satu aktivitas penting di rantai persediaan. Komputasi cloud membantu Anda mengumpulkan dan menyatukan data dari pengecer, pelanggan, produsen dan grosir. Cara ini membantu perusahaan Anda lebih mudah dalam memperkirakan permintaan dan penawaran agar lebih bebas hambatan.

● Layanan dan manajemen suku cadang – Anda bisa dengan cepat meningkatkan layanan dan manajemen suku cadang dengan bantuan komputasi cloud. Cloud secara otomatis menentukan waktu pelayanan dan mengurangi waktu henti. Ditambah lagi, komputasi cloud mencegah kekurangan pemesanan suku cadang pada tingkat ketersediaan minimum.

Keuntungan dari Penggunaan Komputasi Cloud untuk Rantai Persediaan

Bagi beberapa bisnis mungkin sulit untuk beralih dari manajemen tradisional ke sistem cloud. Akan tetapi, ketika mengetahui manfaat yang didapat tentu akan dipertimbangkan. Berikut penjelasan beberapa keuntungan penggunaan komputasi cloud bagi rantai persediaan :

1. Skalabilitas yang lebih baik

Aktivitas rantai pasokan menjadi lebih mudah diatur dengan komputasi cloud. Hal ini tidak akan bermasalah apabila Anda sedang mengalami peningkatan jumlah karyawan atau basis pelanggan. Komputasi cloud membuat penskalaan menjadi terjangkau dan efisien.

2. Kecepatan yang meningkat

Sistem cloud membantu perusahaan rantai persediaan beroperasi lebih cepat dibandingkan dengan sistem tradisional. Sebuah studi menunjukkan 46% profesional dalam rantai persediaan menemukan bahwa komputasi cloud menyelesaikan masalah dua kali lebih cepat. Hasilnya, hal ini telah membantu mengoptimalkan perluasan pasar, pengembangan produk dan waktu pengiriman.

3. Efisiensi biaya

Sistem cloud akan selalu siaga dan mengurangi kegagalan teknis tim TI. Cloud akan menghemat biaya perusahaan Anda yang sebelumnya digunakan untuk menyelesaikan masalah logistik, kemacetan, dan hambatan lainnya.

4. Fleksibilitas

Layanan cloud menghubungkan siapa saja di rantai persediaan. Untuk itu, penyebaran inventaris menjadi lebih fleksibel. Komputasi cloud menggunakan geo analitik guna memprioritaskan pengiriman yang bergerak lambat dan memantau jaringan pengiriman.

Komputasi cloud sangat penting bagi perusahaan Anda. Teknologi tersebut mendorong perusahaan menjadi yang terbaik dengan meningkatkan aktivitas integral seperti perkiraan, perencanaan dan logistik. Ditambah lagi, adaptasi pada manajemen berbasis cloud memberikan beberapa manfaat yang membawa bisnis Anda ke jenjang yang lebih baik. Untuk itu, pelajari lebih lanjut tentang komputasi cloud, hubungi kami di WhatsApp +62 811-3900-2626.