Bagaimana komputasi cloud mempercepat transformasi digital

neuCentrIX - 18/08/2022 10:00

Komputasi cloud adalah teknologi yang telah ada sejak lebih dari satu dekade, dan banyak perusahaan yang menggunakannya untuk meningkatkan operasi. Di masa lalu, para pelaku bisnis mengkhawatirkan keamanan internet, peraturan serta tingginya biaya kekuatan komputasi pihak ketiga dan penyimpanan data. Pengenalan komputasi cloud telah membawa transformasi digital yang signifikan. Komputasi cloud memberikan organisasi model bisnis yang lebih baik dan keamanan di semua sektor.

Sekarang banyak perusahaan yang menghindari menjalankan servernya, infrastruktur di tempat dan data center pihak ketiga. Cloud tersebut menawarkan platform yang lebih baik untuk perusahaan agar bisa memvisualisasikan cloud pribadi dan publik yang lebih baik, ditawarkan oleh penyedia hyperscale. Hal ini merupakan transformasi digital yang sangat penting bagi tiap sektor ekonomi.

Artikel ini memberitahu Anda lebih lanjut tentang komputasi cloud dan bagaimana bisa komputasi cloud menjadi kontributor yang sangat penting bagi transformasi digital.

Apa itu transformasi digital?

Transformasi digital bisa didefinisikan sebagai penggunaan teknologi berbasis komputer guna meningkatkan produk, proses dan strategi perusahan. Sebagian besar teknologi mendorong basis klien dan efisiensi tenaga kerja mereka melalui transformasi digital. Hal ini memungkinkan kepuasan pelanggan dan meningkatkan daya saing.

Program transformasi digital, yang seringkali berskala luas, mungkin memerlukan evaluasi dan penemuan ulang untuk semua aspek perusahaan. Hal tersebut dapat berkisar dari rantai pasokan dan proses sampai keahlian staf, dari struktur organisasi sampai pengalaman pelanggan dan dari nilai yang ditawarkan sampai stakeholder.

Menggunakan cloud untuk mengaktifkan transformasi digital

Filosofi yang mendasari transformasi digital sama untuk semua organisasi, organisasi besar maupun kecil. Tujuannya adalah untuk memanfaatkan teknologi guna mengubah layanan sekarang menjadi lebih baik, daripada hanya menggandakannya dalam bentuk digital.

Dengan mengadopsi cloud, perusahaan Anda bisa memodernisasi infrastruktur Teknologi Informasi-nya, memberikan keamanan bawaan dan fokus ke langkah-langkah yang lebih baik untuk mendukung konsumen secara digital. Daripada berfokus ke data besar dan AI, perusahaan seharusnya memprioritaskan cloud. Dengan kontemporer, sifat terbuka ke teknologi, suatu perusahaan dapat mempertimbangkan bagaimana teknologi bisa digunakan untuk meningkatkan operasi, prosedur dan layanannya.

Keuntungan komputasi cloud

Komputasi cloud disertai dengan banyak keuntungan untuk bisnis. Berikut beberapa keuntungan manfaat teratas yang perusahaan bisa dapatkan dari mengadopsi komputasi cloud.

  • Kecepatan penyebaran yang tinggi: Kemampuan meluncurkan server komputasi cloud dalam hitungan detik merubah kekuatan dan fleksibilitas perkembangan perangkat lunak. Para developer dapat dengan siap  menguji konsep baru dan mengembangkan arsitektur aplikasi tanpa dibatasi keterbatasan perangkat keras di tempat atau proses pengadaan yang lama.
  • Pembaruan dan integrasi perangkat lunak otomatis: Komputasi cloud memungkinkan integrasi dan pengiriman berkelanjutan, meningkatkan pengujian dan penyebaran pembaruan perangkat lunak yang mudah. Hal ini membuat pendeteksian dan pemantauan masalah yang timbul dari sistem logging lebih mudah.
  • Keamanan data: Cloud memiliki beberapa protokol keamanan yang canggih yang memungkinkan data disimpan dan dikelola dengan aman. Pembatasan granular dan kontrol akses menggunakan peran gabungan bisa membatasi akses ke data rahasia hingga hanya personil resmi yang bisa mengaksesnya. Hal tersebut membantu mengurangi serangan bagi peretas.

Komputasi cloud merupakan teknologi yang telah membawa banyak keuntungan untuk bisnis. Teknologi tersebut telah memungkinkan transformasi digital dengan menawarkan infrastruktur TI yang lebih baik dan juga keamanan internet. Cloud juga telah membantu mengurangi biaya penyimpanan data dan meningkatkan kecepatan penyebaran.