Dampak Cloud Computing pada Industri Ritel

neuCentrIX - 06/09/2022 10:00

Beberapa tahun terakhir, cloud computing atau komputasi cloud menjadi aset yang sangat menguntungkan bagi banyak sektor. Salah satu sektor penerima manfaat terbesar ada pada industri ritel. Berbagai hal mengenai pengelolaan data, penyimpanan data dan analisa data bisa menjadi tugas yang sulit. Dengan komputasi cloud, bisnis ritel bisa dengan mudah mengelola dan memproses data secara langsung.

Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan lebih banyak tentang komputasi cloud di industri ritel serta dampaknya, dan bagaimana cara untuk meningkatkan pendapatan melalui komputasi cloud.

Bagaimana komputasi cloud mengubah sektor ritel

Komputasi cloud mengubah industri ritel dengan banyak cara. Berikut beberapa bentuk dampaknya pada sektor ritel :

1. Menyederhanakan Pemenuhan Pesanan

Banyak pengusaha ritel tetap beroperasi secara offline tanpa pembaharuan. Ekologi operasional secara offline dapat menghambat sistem penukaran data, seperti pemantauan persediaan, pesanan, dan pengiriman secara langsung. Komputasi cloud dapat memudahkan tim karena tim memiliki akses dengan data yang terbaharui. Hal tersebut dapat membantu pengusaha ritel untuk memenuhi tenggat pesanan dengan cepat, menggantikan barang sebelum kehabisan stok, mengurus pesanan hingga ke tim pengiriman terakhir dengan tepat, dan akhirnya dapat meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan.

2. Meningkatkan Keamanan

Setiap pelanggan yang mengunjungi toko online akan mengalami interaksi digital. Ketika para pelanggan menjelajahi website Anda, mereka akan meninggalkan banyak informasi yang sangat penting. Informasi tersebut sangat berguna untuk pengelolaan inventaris, data pelanggan dan sebagainya. Komputasi cloud sangat membantu meningkatkan keamanan server Anda, memberikan informasi cadangan, dan data krusial untuk bisnis. Perlu diketahui bahwa penyebab utama gangguan data adalah serangan DDoS, infiltrasi jaringan dan malware yang perlu dihindari.

3. Meningkatkan Keuntungan

Industri ritel perlu berjuang untuk tetap menguntungkan. Agar dapat bertahan dan sukses, pengusaha ritel harus meminimalisir pengeluaran pada hal seperti perlengkapan, operasional dan logistik.

Komputasi cloud membantu mengurangi pengeluaran infrastruktur TI tersebut. Hal ini bisa memudahkan pengusaha ritel menghemat biaya di perangkat lunak, perangkat keras, dan biaya lisensi. Menggunakan teknologi cloud memungkinkan pengusaha menghemat anggaran pada pemeliharaan server. Hal ini dikarenakan sebagian besar toko ritel terus-menerus membutuhkan sejumlah besar data, maka komputasi cloud menjadi berguna di kegiatan operasional sehari-hari.

4. Pengelolaan bencana

Saat ini, akses ke data sangat berharga bagi banyak perusahaan. Artinya, perusahaan harus sangat berhati-hati. Pemulihan data yang dilakukan secara manual membutuhkan pemeliharaan dan pemeriksaan berkelanjutan. Pengelolaan bencana pada cloud memungkinkan untuk menjaga data Anda dan mengambil data kembali dari manapun dan kapanpun. Anda bisa memulai pemulihan cadangan dan mengotomatiskan seluruh prosedur kapanpun dan dimanapun.

5. Hemat biaya

Ritel merupakan salah satu industri dengan perubahan tercepat. Untuk memenuhi tuntutan bisnis yang selalu berubah, pengusaha harus memprioritaskan perkembangan perusahaan, sebelum melakukan pembelian manual, persetujuan keuangan dan prosedur administratif lainnya. Inilah dimana komputasi cloud ritel berperan penting. Pengusaha ritel dapat membayar layanan yang mereka gunakan melalui teknologi cloud demi menghemat biaya.

Komputasi cloud telah memberikan dampak besar kepada industri ritel. Menggunakannya bisa mempermudah menjalankan bisnis. Pemulihan data dan pembelian online juga dibuat lebih lancar oleh komputasi cloud. Hal ini juga memudahkan pengusaha untuk membuat anggaran berdasarkan harga yang terbaik.